05 April 2024

Membuat Project LSS (Bag.3)


Tahapan/langkah pada Phase Measure.


Tetapkan Performance Standard Project Y

Tetapkan standar performa berdasarkan yang diinginkan oleh Customer (internal atau eksternal), definisikan apa yang dimaksud proses/produk bagus, definisikan tentang defect/cacat dan reject/gagal, definisikan target dan batas spesifikasi terukur yang diinginkan customer (T, LSL, USL).


Process Map

Buat Peta Proses (process map) lebih detil. Peta Proses menggambarkan apa adanya yang sedang dijalankan, sedetil mungkin.


Data dan Analisa Project Y

Tetapkan rencana pengumpulan data, validasi system pengukuran, selanjutnya kumpulkan data dengan jumlah cukup.

Validasi sistem pengukuran dilakukan dengan cara studi Gage R&R, studi ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar tingkat variasi akibat dari alat ukur, variasi karena operator, dan variasi barang yang diukur. Ketentuannya adalah apabila variasi <10% maka sistem pengukuran artinya baik. Apabila alat ukur sudah dikalibrasi dan operator pengukur terlatih dengan baik, maka Studi Gage R&R tidak perlu dilakukan.

Jumlah data yang dikumpulkan disyaratkan memenuhi ketentuan (Power and Sample Size). Tapi untuk praktisnya dilapangan saya anjurkan sejumlah 30 sampai 100 data (N30~N100) sudah memadai.


Setelah data terkumpul kemudian buka Minitab, ketiklah data pada worksheet berurutan didalam satu kolom C1. Selesai mengetik langsung saja masuk fitur untuk menghitung Nilai Sigma. Selain nilai sigma anda juga bisa dapatkan bermacam deskriptif statistik seperti mean, std.deviasi, Cp Cpk dan sebagainya, bahkan juga diperoleh grafis seperti kurva distribusi normal, histogram, box plot, dot plot, dll sesuai kebutuhan anda.


Setelah diperoleh Nilai Sigma dari Project Y, maka kini anda boleh tetapkan Target Sigma yang hendak dicapai. Terbaik tentunya 6 Sigma!


Selesai sudah Phase Measure, lanjut ke Phase Analyze.


Mudah kan ya ?  he he.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar