Menganalisa data QA/QC dilakukan secara berjenjang seperti tampak pada gambar berikut ini.
Secara menyeluruh kegiatan QA/QC dilakukan oleh semua orang yang terlibat langsung maupun tidak terhadap QA/QC.
Kegiatan QA/QC terdiri dari :
1. Menjaga kualitas proses dan produk (controlling).
2. Memantau kualitas proses dan produk (monitoring).
3. Meningkatkan kualitas proses dan produk (improving).
4. Menanggulangi masalah (problem solving).
Ilmu pengetahuan tentang hal tesebut diatas sangat perlu dibekalkan kepada seluruh karyawan, tentu melalui pelatihan. Perusahaan dapat melakukannya sendiri apabila terdapat "internal trainer".
Apabila perusahaan tidak memiliki trainer sendiri, tentu dapat meminta bantuan dari luar perusahaan, Anda dapat menghubungi kami melalui chat wa 089691740889 atau email cictindonesia@gmail.com untuk memperoleh informasi dan bantuan yang anda butuhkan.