02 Mei 2024

QA/QC


QA = Quality Assurance = Jaminan KualitashashtagQC = Quality Control = Kendali Kualitas.

QA adalah serangkaian kegiatan untuk memastikan kualitas proses dimana produk dibuat, fokusnya pada proses dan prosedur.

QC adalah serangkaian kegiatan untuk memastikan kualitas produk. Ini adalah serangkaian prosedur pengujian yang digunakan untuk memverifikasi bahwa produk memenuhi persyaratan, fokusnya mengidentifikasi cacat pada produk aktual yang dihasilkan.

Dalam suatu organisasi perusahaan ada satu departemen yang disebut QA/QC. 

Pada umumnya pekerjaan mereka focus pada pengujian produk yang dilakukan di laboratorium.

Ada 3 tipe departemen QA/QC yang menguji produk :
1.      Menguji seluruh produk yang dihasilkan.
2.      Menguji sejumlah sample dari produk yang dihasilkan.
3.      Menguji produk hanya sebatas kebutuhan administrasi saja (pendataan) atau memastikan produksi awal saja.

Perusahaan terdiri dari Departemen Produksi, Departemen QA/QC dan Departemen Pendukung lainnya. 

Yang menghasilkan uang bagi perusahaan tentunya hanya Departemen Produksi, sementara Departemen QA/QC itu sesungguhnya menjual jasa kepada perusahaan, berarti QA/QC ini adalah Cost bagi perusahaan. 

Semakin banyak pekerjaan Departemen ini maka semakin banyak Cost (bakar uang). Cost ini harus direduksi bahkan dihilangkan jika mungkin.
Caranya adalah dengan menghilangkan kegiatan nomor 1 dan 2 diatas, utamakan kegiatan hanya QA saja atau focus pada proses saja. Rubahlah mindset yang mengutamakan focus pada produk menjadi focus pada proses karena proses yang baik pastilah hasilnya baik pula.

Karena itu bekali dan berdayakan semua orang yang terlibat proses di Departemen Produksi untuk berkemampuan mengendalikan (Control), memperbaiki/peningkatan  (Improve) dan memantau (Monitor) proses. 

Ada banyak methodology yang dapat dibekalkan kepada mereka orang proses tsb, ada kategori Quality Tool dan Statistics Tool, dsb., mulai dari yang sederhana seperti Check Sheet, CAE, Pareto, SPC, 5S dsb. Anda boleh pula terapkan PDCA-Cycle atau DMAIC atau pilihan lainnya.

Membekali orang dengan ilmu pengetahuan tentu melalui pelatihan-pelatihan.

Lakukanlah, maka perusahaan akan memperoleh hasil terbaik.***

Sekian, semoga memberikan manfaat bagi semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar